Friday 22 July 2016

Harga dan Biaya ke Pulau Tidung

Harga dan Biaya ke Pulau Tidung sebenarnya tidak terlalu besar jika Anda bisa cermat memilih paket wisata dari agen travel yang menangani wisata ke Pulau Tidung. Alternatif lain jika tidak ingin menggunakan jasa agen wisata maka Anda dapat datang langsung ke Pulau Tidung tanpa melalui agen wisata dengan syarat Anda mengetahui seluk beluk wisata Pulau Tidung. Jika Anda tidak paham gambaran tentang Pulau Tidung alangkah baiknya jika Anda menggunakan Jasa Agen wisata Pulau Tidung yang sudah berpengalaman menangani wisatawan ke Pulau Tidung.



Harga dan Biaya ke Pulau Tidung

Pulau Tidung sudah tidak asing lagi bagi sebagian wisatawan dalam negeri khususnya dari daerah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok dan sekitarnya. Hampir setiap hari ada saja kunjungan ke Pulau Tidung dari beberapa wisatawan lokal yang masih penasaran dengan keindahan wisata Pulau Tidung . Ada sesuatu yang unik dan tidak ditemui ditempat lain jika Anda berkunjung ke Pulau Tidung.

Walaupun sudah banyak yang mendengar tentang Pulau Tidung tapi belum banyak yang tahu bagaimana selum beluk wisata Pulau Tidung . Jika ingin liburan ke Pulau Tidung tentu harus punya gambaran tentang Harga dan Biaya ke Pulau Tidung jika tidak ingin malah tersesat dan terjebak oleh rayuan agen-agen nakal yang menawarkan paket murah Pulau Tidung tetapi fasilitas /yang diberikan tidak sesuai harapan yang diinginkan. Sebagai contoh ada agen yang menawarkan paket Pulau Tidung yang katanya paket lengkap tapi ternyata tidak termasuk biaya transportasi kapal pulang pergi dari Jakarta ke Pulau Tidung .

Pada dasarnya ada dua cara yang biasanya ditempuh oleh para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Tidung, yang pertama datang sendiri tanpa melalui agen travel dan yang kedua melalui agen travel. Berikut beberapa pertimbangan Jika Anda memilih salah satunya.

1. Jika Anda datang sendiri ( backpacker )

Mengetahui transportasi yang akan digunakan ke Pulau Tidung dalam hal ini tentu kapal penyeberangan, apakah menggunakan kapal feri tradisional atau kapal speedboat. Jika ingin harga yang relatif murah Anda dapat menggunakan kapal feri tradisional dari pelabuhan Muara Angke dengan tarif Rp. 35.000/orang sekali jalan sudah termasuk asuransi perjalanan dari Jasa Raharja. Jangan lupa untuk datang lebih awal di Muara Angke biasanya jam 06.00 pagi untuk mendapatkan tempat yang nyaman di kapal. 

Alternatif kedua bisa menggunakan kapal speedboat milik dinas perhubungan tetapi dengan kapasitas terbatas ( sekitar 20 orang ) untuk satu kapalnya. Untuk mendapatkan tiket kapal kerapu milik dinas perhubungan ini Anda harus antri masing-masing dan jangan kaget juga jika ada dari kelompok Anda yang tidak kebagian tiket jika posisinya sudah lebih dari 20 orang saat antri. Dengan membayar Rp. 52.000 ( sudah termasuk asuransi perjalanan ) untuk sekali jalan Anda dapat naik kapal kerapu ke Pulau Tidung.

Memesan hotel atau penginapan di Pulau Tidung untuk menginap disana. Anda bisa memesan penginapan dengan harga bervariasi dari yang murah sampai yang lumayan mahal tapi dengan fasilitas yang lebih baik. Harga penginapan di Pulau Tidung berkisar Rp. 250.000 sampai dengan 1 Juta tergantung besarnya kapasitas penginapan, fasilitas yang ada didalamnya, view penginapannya, dan juga jumlah orang yang akan menginap juga menentukan harga sewa penginapan.

Mengetahu harga, waktu dan tempat makan yang sesuai dengan selera Anda, karena belum begitu banyak warung makan yang buka sampai 24 jam. Kebanyakan warung makan hanya buka dari pagi sampai petang saja. Harga makanan di Pulau Tidung berkisar antara Rp. 10.000 - 25.000 porsi normal.

Mencari informasi fasilitas penunjang wisata yang lain seperti rental sepeda, rental snorkeling, rental diving, dan lain-lain yang akan menambah serunya wisata anda di Pulau Tidung. Ada banyak rental yang menyewakan perlengkapan-perlengkapan diatas dengan harga sewa yang relatif murah dan terjangkau, maka jangan lupa siapkan dana cash lebih untuk antisipasi kehabisan uang cash di Pulau Tidung karena masih susah mencari mesin ATM disana.

2. Jika Anda menggunakan Jasa Agen Wisata atau Travel

Menghubungi Agen wisata yang sudah mempunyai reputasi baik dan berpengalaman terutama Agen wisata asli warga Pulau Tidung agar mendapatkan harga terbaik dan kompetitif. Jangan lupa juga mengecek reputasi dan kredibilitas agen yang Anda hubungi agar Anda tidak terjebak oleh Agen yang tidak bertanggung jawab. Anda bisa mendapatkan informasi ini melalui testimoni dari pengunjung yang pernah datang ke Pulau Tidung melalui social media dan forum-forum yang beredar di internet.


Memastikan harga yang Anda dapatkan adalah harga yang ideal bukan harga yang asal murah namun justru fasilitas yang disediakan asal-asalan tidak sesuai dengan pembicaraan awal. Hal ini penting karena fasilitas yang disediakan oleh masing-masing agen wisata memang sangat beragam seperti Penginapan, Menu makan, sepeda, guide dan lain-lain tentu tidak sama satu dengan yang lain.

No comments:

Post a Comment